Home Peristiwa KM Lestari Maju Kandas, Beredar Uang Rp 30 Miliar Mengapung di Lautan

KM Lestari Maju Kandas, Beredar Uang Rp 30 Miliar Mengapung di Lautan

SHARE
Kapal karam, beredar di netizen uang Rp 30 miliar turut mengambang. Ternyata mie instant yang mengapung.
article top ad

MAKASSAR, MB –  Kapal Motor (KM) Lestari Maju yang kandas saat berlayar dari Pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba ke Pelabuhan Pamatata, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa (3/7) siang, turut membawa uang senilai Rp 30 miliar milik Bank Sulselbar yang rencananya akan dipakai untuk pembayaran gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Selayar.

Atas insiden tersebut, Pemimpin Group Treasury Bank Sulselbar, Irmayanti Sultan menegaskan, tidak khawatir dengan kejadian tersebut.

article inline ad

Ia menyebut, uang Rp 30 miliar itu dibawa lima pegawai Bank Sulselbar. Empat pegawai selamat, tapi satu pegawai masih di kapal. “Satu pegawai kami, driver, masih menggantung di bibir kapal,” tuturnya.

Yanti pun memastikan pembayaran gaji PNS di Kabupaten Selayar tetap akan berjalan seperti biasa.

Hingga tadi malam sekitar pukul 20.00, korban tewas akibat tenggelamnya kapal penyeberangan feri KM Lestari Maju sudah tercatat menjadi 12 orang. Seorang korban di antaranya adalah bayi.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Polisi Dicky Sondani mengatakan, data yang diperoleh dari Polres Selayar menyebutkan korban meninggal hingga petang kemarin sebanyak 12 orang.

“Korban meninggal 12 orang, seorang di antaranya adalah bayi. Itu data yang kami peroleh dari Polres Selayar. Kami belum bisa pastikan total yang meninggal maupun yang selamat. Tapi total penumpang sebanyak 139 orang,” jelasnya.

KM Lestari Maju berangkat dari Pelabuhan Bira sekitar pukul 10.00 Wita dan dikabarkan karam sekitar pukul 13.48 Wita karena mengalami kebocoran. Kapal tersebut mengangkut 139 penumpang dan 48 kendaraan.

Kendaraan yang diangkut meliputi roda dua sebanyak 18 unit, roda empat sebanyak 14 unit, kendaraan golongan lima sebanyak delapan unit, dan kendaraan golongan enam sebanyak delapan unit.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Bulukumba, Zainuddin menuturkan, kapal tenggelam ketika sedang berlayar menuju Selayar. Diindikasikan karena ada kebocoran lalu kemasukan air akibat cuaca buruk.

Kapal tersebut telah dikandaskan di Perairan Selayar, sekitar 300 meter dari Pantai Pabadilang, Selayar. Sebagian penumpang telah berhasil dievakuasi, sedangkan sebagian lagi masih berada di atas kapal.

Seluruh penumpang disebut telah mengenakan jaket keselamatan (life jacket), serta telah mengikuti prosedur keselamatan di atas kapal dengan panduan dari nakhoda dibantu kru kapal.

Ditjen Perhubungan Laut terus memonitor dan memberikan bantuan semaksimal mungkin guna mengevakuasi para penumpang KM Lestari Maju tersebut.

Foto yang beredar di media sosial menyebutkan bahwa uang Rp 30 miliar terapung-apung di laut itu tidak benar.  Di dalam video yang beredar terlihat seperti uang berhamburan mengapung di laut tersebut. “Itu bukan uang yang berjumlah Rp 30 miliar tersebut, melainkan mi instan,” ujar seorang petugas bank.

“Uang masih tersegel dalam plastik uang dan tersimpan di dalam peti dan berada dalam mobil yang tertutup (terkunci),” katanya.

article bottom ad