Home Tribrata Peran Pramuka Saka Bhayangkara Pada Pengamanan Hari Raya Idul Fitri Operasi Ketupat...

Peran Pramuka Saka Bhayangkara Pada Pengamanan Hari Raya Idul Fitri Operasi Ketupat 2018

SHARE
article top ad

Tangerang, MB – Pada pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian “Ketupat 2018” yang dilaksanakan di halaman Polrestro Tangerang Kota pada pagi ini, selain dihadiri oleh anggota kepolisian dan instansi terkait lainnya, nampak juga para anggota Pramuka yang tergabung dalam Saka Bhayangkara Otto Iskandar Dinata dibawah naungan Sat Bimas Polrestro Tangerang Kota. Mereka sangat tertib dan khidmat mengikuti Apel tersebut bersama dengan peserta lainnya. Diantara seluruh peserta Apel, memang merekalah yang nampak paling muda terkait dengan usia sekitar 15-17 tahun. Memang seluruh anggota Pramuka  Saka Bhayangkara adalah para pelajar setingkat SMU dan SMK yang berada di wilayah Tangerang, baik di Kota Tangerang,  Kabupaten Tangerang maupun Kota Tangerang Selatan.

Sekilas mengenai Pramuka Saka Bhayangkara  Otto Iskandar Dinata Polrestro Tangerang Kota, dalam setiap pelaksanaan kegiatan khususnya terkait pengamanan seluruh Hari Raya keagamaan baik Idul Fitri, Natal serta beberapa hari besar nasional lainnya,   selalu aktif terlibat untuk membantu tugas kepolisian khususnya Polrestro Tangerang Kota sejak tahun 1980-an. Dan dianggap juga sebagai mitra Kamtibmas yang turut berperan pada pembinaan generasi muda melalui kegiatan kepramukaan.

article inline ad

Seperti penuturan dari Pamong Saka Putra yang kami temui, yaitu Kak Deddy Muharram. Pramuka Saka Bhayangkara Ottista Polrestro Tangerang Kota hingga saat ini sudah mencapai Angkatan ke-21, dan baru berjalan seminggu yang lalu melakukan rekrutmen dan pelantikan Calon Anggota Angkatan ke-22 sebagai generasi penerus Saka Bhayangkara. Dalam kegiatannya terkait dengan ke-Saka-annya, banyak sekali yang dipelajari oleh seluruh anggota. Diantaranya berupa pengetahuan untuk mengatur lalu-lintas, olah TKP pada kejadian kecelakaan maupun kriminal, pencegahan dan pengenalan zat berbahaya dan narkoba, pelajaran mengenai SAR dan bertahan hidup, penanganan banjir dan bencana alam, kegiatan berkuda, kegiatan dengan anjing pelacak dan kegiatan olahraga memanah untuk melatih konsentrasi dan kekuatan fisik para anggotanya.

Sehingga diharapkan para anggota Saka Bhayangkara Ottista memiliki ketangguhan fisik, kecerdasan pikiran, kekuatan mental, kedalaman rohani dan kesucian jiwa seperti yang tercantum dalam Dasa Dharma Pramuka. Karena sebagai pemuda pelopor, para anggota Pramuka haruslah menjadi contoh dan teladan yang baik bagi kawan-kawan seusianya dalam menghadapi era globalisasi saat ini yang penuh dengan pengaruh negatif dan budaya hedonisme. Dengan motto “Bukan Pramuka Biasa” tentunya ada sebuah kelebihan yang harus dimiliki oleh setiap anggota Saka Bhayangkara Ottista dibandingkan dengan Pramuka lainnya. Sebagai salah satu mitra dari Polrestro Tangerang Kota pada pengamanan Hari Raya Idul Fitri ini, para anggota Pramuka Saka Bhayangkara Ottista membantu pengamanan lingkungan dan pengaturan lalu- lintas full 24 jam selama Operasi Ketupat 2018 dilaksanakan mulai tanggal 7 hingga 24 Juni 2018, sama seperti anggota Polri lainnya.

Dibawah bimbingan dari KaSat Binmas Polrestro Tangerang Kota, AKBP Nezim Yusuf, yang aktif memberikan bimbingan  dan arahan kepada para  anggota Pramuka Saka  Bhayangkara  Otto Iskandar Dinata Polrestro Tangerang Kota agar menjadi generasi muda penerus dan pelopor bagi kemajuan Bangsa Indonesia dimasa depan.

Saka Bhayangkara Ottista “Bukan Pramuka Biasa”. (SA)

article bottom ad