Home Tribrata Upacara Hari Lahir Pancasila di Polres Metro Tangerang Kota

Upacara Hari Lahir Pancasila di Polres Metro Tangerang Kota

SHARE
article top ad

Tangerang, MB – Dalam rangka peringatan Hari Lahirnya Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni melalui Keputusan Presiden No.24 Tahun 2016. Yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo saat menyampaikan pidato pada Peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945, di Gedung Merdeka Bandung 1 Juni 2016 : “Menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila. Tanggal 1 Juni merupakan hari libur nasional”. Demikian bunyi dictum PERTAMA dan KEDUA Keppres tersebut.

Seperti Instansi pemerintahan lainnya, Polres Metro Tangerang Kota pun mengadakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila. Tepat pukul 08.00 WIB pagi ini telah dilangsungkan upacara peringatan tersebut. Bertindak selaku inspektur upacara Kapolrestro Tangerang Kota Kombes Pol. Harry Kurniawan S.IK, M.H. Dengan peserta upacara terdiri dari anggota kepolisian yang bertugas baik di Polrestro Tangerang Kota maupun Polsek-polsek diwilayah naungannya.

article inline ad

Pada kesempatan tersebut, Inspektur Upacara menyampaiakan amanat yang berisi tentang sejarah Hari Lahir Pancasila, terutama tugas dari BPUPKI sebagai Badan yang dibentuk untuk mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945. Hingga terciptalah rumusan mengenai Pancasila yang untuk pertama kalinya dibacakan oleh Bung Karno pada sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945, tepat 73 tahun yang lalu.

Namun inti dari amanat yang dibacakan pada upacara pagi ini adalah tentang pentingnya semangat persatuan dan kesatuan diantara seluruh warga Negara Indonesia yang berbeda-beda Suku, Bangsa, Agama, Bahasa dan Adat istiadat hingga dengan persatuan dan kesatuan yang tercipta, kelak Indonesia akan kuat, maju dan berkembang dimasa mendatang.

Berbeda-beda namun tetap satu, majulah Indonesiaku! (SA)

article bottom ad