Home Kab/Kota Pemeriksaan Proyek Drainase Terkesan Tertutup dan Formalitas

Pemeriksaan Proyek Drainase Terkesan Tertutup dan Formalitas

SHARE
Salah satu hasil pengerjaan Proyek Drainase di Tanjung Jabung Barat.
article top ad

TANJAB BARAT, MB – Pekerjaan proyek drainase tahun 2017 sudah diperiksa oleh Inspektorat Kabupaten Tanjab Barat namun pemeriksaan ini disinyalir hanya formalitas saja, bahkan hasil dari pemeriksaan tersebut terkesan ditutup-tutupi.

Pembangunan saluran drainase di dalam Kota Kuala Tungkal, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjab Barat senilai Rp 4.127.227.000,- dilaksanakan PT. Zulaiha bersumber dari dana ADB dengan konsultan pengawas CV Elsana Cipta Prima.

article inline ad

Dari pengamatan Media Bhayangkara di lapangan, terlihat jelas pekerjaan itu kurang rapi.  Air hujan yang jatuh tidak mengalir sebagai mana mestinya, sebab kemiringan tidak sesuai kemiringannya, sehingga airnya tergenang.

Di tempat terpisah Ketua Gapeknas, Hevvi zainsyah menjelaskan, sejak  awal pekerjaan drainase tersebut seharusnya menggunakan cerucup diameter 10-15 cm dan pajang cerucup yang masuk ke dalam tanah sekitar 250 cm.  “Namun yang terjadi  tidak demikian dan juga,” katanya.  Dia juga menambahkan mutu betonnya diragukan.

Terkait dengan pemeriksaan dari Inspektorat, kata dia, tidak akan membuahkan hasil yang sesuai dengan temuan.  “Maka PKP Perwakilan Provinsi  Jambi harus turun juga untuk memeriksa pekerjaan tersebut,” tandasnya.

Hal senada disampaikan Aktivis Ormas Angkasa, Susanto.  Menurut dia, jika dibandingkan dengan pekerjaan drainase 2017 hanya mengerjakan 2.362,20 meter.  Lihat saja bentuk pekerjaannya juga berbelok-belok dan juga hasil dari pemeriksaan inspektorat tempo hari seharusnya dipublikasikan, jangan terkesan ditutup-tutupi, hingga menjadi tanda tanya.

“Ada apa ini awak media dan ormas tidak bisa mengetahui hasil pemeriksaan tersebut, jangan mentang-mentang kerjaan ini dikerjakan oleh orang top lalu pihak pemeriksa bungkam dan tutup mata,” ucap Susanto.

Sementara pihak Inspektorat sampai berita ini diterbitkan belum bisa memberikan keterangan dari hasil pemeriksaannya.

Penulis: Arif

article bottom ad