Home Olahraga Olahraga Jogging di Dalam Kolam Renang

Olahraga Jogging di Dalam Kolam Renang

SHARE
article top ad

JAKARTA, MB: Jogging atau berlari santai mengelilingi lapangan atau kompleks perumahan mungkin sudah biasa.  Tapi jogging di kolam renang tentu punya sensasi baru.  Bagaimana tidak?  Layaknya sedang berjalan di tengah air tanpa harus menginjak lantai kolam namun tidak tenggelam.

Begitulah bayangan menggunakan sebuah peralatan olahraga ALX Aqua Jogging, yang dirancang dan dibuat sendiri oleh anak bangsa, Andy Sutedjo.

article inline ad

Pria kelahiran Solo ini bercerita bahwa lahirnya alat ini didasarkan pada pengalaman untuk menolong ibunya yang mengalami nyeri pada punggung.  Tentu saja, untuk berolah raga, bagi mereka yang mengalami nyeri pada kaki atau punggung, hentakan yang diakibatkan beban tubuh melalui jogging atau berolahraga di tanah justru harus dihindari.

Maka lahirlah hasil kreasi ALX Aqua Jogging, yang merupakan akronim nama istrinya, Alexandra Fransisca Najoan untuk berlari di dalam kolam  renang.  Salah satu alasan, menurut ayah dua anak ini, berlari di dalam air sama efektifnya dengan berolahraga di darat, apalagi tekanan yang dihasilkan saat berada dalam air menstimulus otot untuk bekerja lebih keras dibandingkan di daratan.

Tentu saja, manfaat  ini bukan hanya untuk mereka yang sudah menderita sakit, tetapi aqua jogging juga memiliki manfaat lain seperti membakar kalori, melatih kekuatan otot, bahkan dapat juga untuk menyempurnakan postur tubuh bila dilakukan dengan teratur.

Andy Sutedjo dan ALX Aqua Jogging

Menurut  sejumlah ahli, alat ini digunakan secara luas oleh para atlet yang cedera sebagai bentuk rehabilitasi.  Pada umumnya orang yang cedera tidak diijinkan untuk berjalan di permukaan yang keras  “Saya juga melakukan beberapa kali latihan lari di dalam air dalam seminggu. Ini sangat membantu, ketika Anda tidak ingin pergi keluar membenturkan kaki Anda sepanjang hari. Berlari di air membantu jaringan otot saya untuk pulih,” ujar Kate Mayor, seorang atlet Ironman papan Amerika.

Penggunaan alat yang sangat mudah ini dapat dipergunakan oleh mereka yang mengalami Sakit Tulang Belakang (HNP) atau Saraf Terjepit, Radang Sendi atau Artritis, Obesitas (menurunkan berat badan), pasca operasi, ibu hamil dan pasca melahirkan, rehabilitasi cepat atlet cedera, sakit low back pain, masalah ortopedik dan berguna untuk mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan!

Cara Penggunaannya

Adapun cara penggunaan Aqua jogging, menurut Andi, mulailah dari ujung kolam yang dangkal dengan menggunakan aqua jogging anda. Lakukan gerakan kaki dan tangan seperti lari atau jogging, setelah nyaman, lakukan interval jalan atau lari seperti biasa. Dengan kepala di permukaan, tegakkan postur, dengan gerakan setengah berjinjit atau forefoot strike diselingi posisi jalan atau heel-to-toe strike.

Pembakaran kalori yang dapat dihasilkan selama satu jam akan mencapai 650 kalori untuk wanita dan 850 kalori untuk pria. Lebih tinggi dibandingkan dengan bersepeda atau berlari biasa yakni 420 kalori dan 490 kalori.  Sementara panjat tebing bisa membakar 750-1.000 kalori/jam, bermain basket selama sejam dapat membakar sekitar 1.000 kalori pada laki-laki dan lebih dari 750 kalori bagi wanita.

Sejumlah konsumen yang sudah menggunakan ALX Aqua Jogging ini menyatakan puas.  “Pertama kali saya menggunakan Aqua Jogging saya tidak percaya seberapa baik efeknya terhadap sakit punggung.  Saya membelinya untuk anak perempuan saya yang hamil 6 bulan, kata Sharon dari Jakarta.

Berbeda dengan Sharon, seorang konsumen dari Surakarta mengatakan, “Saya adalah orang yang memiliki 3 bekas operasi di kaki kiri saya dan dilarang untuk olahraga karena akan berdampak pada lutut saya. Sabuk ini bagus dan memungkinkan saya berlari lagi! Saya telah menggunakan ini setidaknya 4 hari per minggu selama 30 menit sampai 2 jam per sesi. Dengan menggunakan ALX Aqua Jogging  ini benar-benar membuat saya berada pada posisi joging yang tepat di dalam air,” kata Rudi.

Anda tertarik menggunakan produk ini?  Hubungi kami segera di telpon 0852 8324 8325, kami berikan harga promosi bagi 100 pembeli pertama.

article bottom ad