Home Tribrata Ada Ratusan Jenis Narkoba di Dunia, Baru 43 yang Diatur di Indonesia

Ada Ratusan Jenis Narkoba di Dunia, Baru 43 yang Diatur di Indonesia

SHARE
article top ad

Jakarta, Mediabhayangkara.co.id – Badan Narkotika Nasional memperkirakan ada 644 jenis narkoba yang beredar di seluruh dunia.

Kepala BNN Komjen Budi Waseso menyebutkan, dari 644 jenis narkoba itu, terdapat sekitar 65 jenis narkoba baru yang beredar di Indonesia.

article inline ad

“Berdasarkan data yang dikeluarkan dalam World Drugs Report 2016, sejak 2008 sampai 2015 telah terindikasi sebanyak 644 total NPS (new psychoactive substances) yang dilaporkan oleh 102 negara dan 65 jenis baru ini telah masuk ke Indonesia,” ujar Buwas saat membawakan sambutan di Hari Antinarkotika Internasional (HANI) di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Kamis 13 Juli 2017.

Adapun, dari 65 jenis narkoba baru yang masuk ke Indonesia, Buwas menyampaikan baru 43 yang diatur dalam peraturan Menteri Kesehatan (permenkes).

“Di mana baru 43 jenis yang telah dimasukkan ke dalam Permenkes No 2/2017 tentang perubahan penggolongan narkotika, sisanya belum,” ucapnya.

Ia berharap, pemerintah segera melakukan revisi peraturan. Buwas menyebut salah satu contoh narkoba jenis baru yang belum diatur undang-undang yakni Kava.

Dalam kasus penemuan narkoba jenis Kava, BNN tidak dapat memproses hukum pelaku karena jenis itu belum masuk daftar jenis narkoba dan obat terlarang yang ada dalam lampiran UU Narkotika.

Hal ini pernah terjadi pada kasus yang menjerat nama artis Raffi Ahmad. (Hend)

article bottom ad