Home Tribrata Pesan Jokowi pada Polri di Peringatan Hari Bhayangkara

Pesan Jokowi pada Polri di Peringatan Hari Bhayangkara

SHARE
article top ad

Jakarta, Mediabhayangkara.co.id – Dalam acara peringatan Hari Bhayangkara ke-71 di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Senin 10 Juli 2017, Presiden Joko Widodo memberikan sejumlah instruksi kepada Polri.

“Pertama, perbaiki manajemen internal Polri untuk menekan budaya negatif. Misal korupsi, penggunaan kekerasan yang berlebihan dan arogansi kewenangan,” ujar Jokowi.

article inline ad

Kedua, Jokowi minta Polri memantapkan soliditas internal dan profesionalisme guna mendukung terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian.

Ketiga, Presiden menginstruksikan Polri untuk mengoptimalkan modernisasi dengan menggunakan teknologi informasi dalam pelayanan publik.

Keempat, Polri harus meningkatkan kesiapsiagaan operasional melalui upaya deteksi dini, deteksi aksi dan strategi polisi yang proaktif.

“Dengan demikian, Polri tetap dapat lincah bertindak dalam menghadapi perkembangan situasi yang meningkat secara cepat,” ujar Jokowi.

Terakhir, Jokowi menginstruksikan Polri untuk meningkatkan kerja sama, koordinasi dan komunikasi dengan seluruh elemen, baik masyarakat atau dengan pemerintah.

Polri juga diminta meningkatkan komunikasi dengan kolega internasional sebagai implementasi pendekatan sinergi polisional dalam rangka mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif.

Sebelumnya Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengundang Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam peringatan hari ulang tahun ke-71 Bhayangkara di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat.

Jokowi menjadi instruktur upacara dalam acara yang dimulai sekitar pukul 08.00 WIB tersebut.

Setelah upacara dibuka, ada penganugerahan tanda kehormatan RI berdasarkan keputusan Presiden Joko Widodo. Pembacaan keputusan presiden dilakukan oleh Sekretaris Militer Presiden Selaku Dewan Gelar, Tanda Jasa Dan Tanda Kehormatan.

Selain itu, ada juga penyematan penghargaan Bintang Bhayangkara Nararya kepada sejumlah anggota Polri oleh Jokowi selaku inspektur upacara.

Sebagaimana perayaan HUT Bhayangkara sebelumnya, personel Polri unjuk kebolehan melalui berbagai atraksi diantaranya tari kolosal dan aksi terjun payung oleh anggota terlatih.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, upacara Hari Bhayangkara kali ini melibatkan 2.408 personel gabungan dari Polri, TNI, instansi terkait, hingga organisasi Pramuka.

Ia menambahkan, bertambahnya usia Polri menjadi momentum untuk mengevaluasi kinerja dan program yang telah dicanangkan Kapolri, yakni promoter: profesional, modern, dan terpercaya.

“Kami ingin merebut kepercayaan masyarakat, public trust,” kata Setyo. (Mlk)

article bottom ad