Home Kartika Dirayakan di Banten, Berikut Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari TNI

Dirayakan di Banten, Berikut Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari TNI

SHARE
article top ad

Tangerang, Mediabhayangkara.co.id – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menetapkan Pelabuhan Indah Kiat, Cilegon, Banten, sebagai lokasi pelaksanaan Peringatan Hari TNI ke-72 pada 5 Oktober mendatang.

Gatot meninjau lokasi tersebut Kamis, 6 Juli 2017 didampingi sejumlah pejabat TNI, termasuk Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Mulyono dan Kepala Staf Umum TNI Laksamana Madya Didit Herdiawan.

article inline ad

Gatot Nurmantyo dan rombongannya berangkat ke lokasi menggunakan dua unit Helikopter Bell 412 milik TNI. Mereka berangkat dari Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, pada pukul 08.00 WIB dan menempuh perjalanan selama 45 menit. Di Pelabuhan Indah Kiat, dia disambut oleh pejabat pemerintah daerah dan aparat Banten.

Untuk diketahui, peringatan Hari TNI ke-72 kali ini mengambil tema “Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian.”

Sejumlah kegiatan yang akan diadakan berbentuk bakti sosial kesehatan, seperti membuka pengobatan umum, operasi katarak dan bibir sumbing, pelayanan Keluarga Berencana (KB) dan kebidanan, sunatan massal, pelayanan gigi dan donor darah, serta pemberian berbagai alat bantu. Ada pula kegiatan sosial lain, seperti bazar dan pembagian sembako.

“Itu semua sebagai bentuk ucapan terima kasih dan penghargaan kepada masyarakat yang mendukung tugas-tugas TNI,” ujar Gatot Nurmantyo, dalam siaran pers Pusat Penerangan Mabes TNI, Kamis, 6 Juni 2017.

Kegiatan lain adalah lomba foto dan karya tulis jurnalistik, festival film nasional, lomba dayung dan renang 1.000 meter, lomba paramotor dan aeromodelling, dan sejumlah lomba bertema rohani.

TNI juga berencana menghadirkan 1.000 pelajar berprestasi dari semua daerah di Indonesia, khususnya mereka yang berasal dari pulau-pulau terluar dan daerah perbatasan.

Kabar akan diadakannya peringatan HUT TNI di Cilegon pertama kali disampaikan oleh Komandan Korem 064/Maulana Yusuf Kolonel Czi Ito Hediarto. Ia mengatakan, selama acara peringatan akan dihadirkan alutsista sampai pembelian terakhir tahun 2017. Diharapkan, tidak hanya masyarakat Banten yang datang, tapi juga sekitar Jabodetabek.

“Nanti masyarakat Banten dan Jabodetabek yang mau melihat alutsista bisa hadir,” kata Ito kepada wartawan di Kota Serang, Rabu 14 Juni 2017.

Dikatakan, pada tahun ini, akan ada 18 ribu prajurit yang berpartisipasi. Jumlah ini lebih besar dibanding pada 2015, yang hanya 13 ribu prajurit.

“Menurut hemat saya, Banten dekat dengan Jakarta. Karena akses jalan tol, sehingga alutsista sampai ke sana semuanya, karena alutsistanya banyak. Di sana juga ada laut, ada pulau, bukit-bukit, dan kelihatan pas,” ujarnya.

Untuk teknis alutsista apa saja yang akan dipertunjukkan, Ito tidak bisa merinci hal tersebut. Itu menjadi kewenangan Mabes TNI. Namun ia berharap alutsista terbaru sampai pembelian pada Agustus 2017 dapat ditampilkan di tengah-tengah masyarakat. (Mlk)

 

article bottom ad