Home Nusantara Pemerintah Siap Pinjami Lahan Perhutani Selama 35 Tahun untuk Masyarakat

Pemerintah Siap Pinjami Lahan Perhutani Selama 35 Tahun untuk Masyarakat

SHARE
article top ad

Jakarta, Mediabhayangkara.co.id – Pemerintah akan meminjamkan lahan milik Perum Perhutani kepada masyarakat selama 35 tahun agar bisa dikelola menjadi lahan pertanian.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution bersama sejumlah menteri terkait melaporkan rencana ini kepada Presiden Joko Widodo, di Istana Negara, Jakarta, Selasa 4 Juli 2017.

article inline ad

“Intinya itu yang kita jelaskan dan sudah siap perhutanan sosial itu, adalah tanah dari perhutani yang diberikan akses kepada masyarakat,” kata Menko Darmin usai menghadap Jokowi di Istana.

Darmin mengatakan, program ini menjadi salah satu langkah pemerintah untuk melakukan redistribusi aset dan pemerataan ekonomi.

Ia juga mengingatkan bahwa setiap 5 tahun, penggunaaan lahan akan dievaluasi.

Apabila lahan tidak dimanfaatkan dengan baik atau disalahgunakan, maka pemerintah bisa mencabut izin penggunaan lahan dan mengalihkan ke masyarakat lain.

“Tapi selama dia mengerjakannya sesuai rencana, itu 35 tahun. Bahkan ya, bisa diperpanjang juga setelah itu,” ucap Darmin.

Menurut Darmin, program ini akan segera diresmikan oleh Jokowi di Karawang. Kemudian disusul dengan daerah lainnya seperti Bangka Belitung dan Riau.

Luas lahan yang dipinjamkan bervariasi untuk setiap daerahnya, mulai dari 2000 sampai 4000 hektar.

“Mudah-mudahan, pulang dari Eropa bapaknya, minggu ketiga Juli itu, Presiden sudah mulai akan me-launching-nya,” ucap Darmin. (Mlk)

article bottom ad