Home Liputan Utama Kejaksaan Resmi Batalkan Banding Atas Vonis Ahok

Kejaksaan Resmi Batalkan Banding Atas Vonis Ahok

SHARE
JAKSA AGUNG UMUMKAN CAPIM KPK
article top ad

Jakarta, Mediabhayangkara.co.id – Kejaksaan resmi mencabut permohonan banding atas vonis dua tahun penjara Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam perkara penistaan agama.

“Ya sudah dikirim (berkas pencabutan) dari Selasa (6 Juni 2017) sore,” kata Ketua Tim JPU perkara Ahok, Ali Mukartono di Jakarta, Kamis, 8 Juni 2017.

article inline ad

Ali menyebutkan salah satu poin alasan pencabutan berkas banding itu adalah soal kemanfaatannya bagi kejaksaan. “Kita mau berjuang apa lagi kalau sudah diterima,” kata dia. Kita banding supaya enggak kehilangan hak asasi. Makanya ketika dicabut ya sudahlah.”

Ia menambahkan pencabutan itu masih berlaku karena sesuai Pasal 235 KUHAP yang menyebutkan, pencabutan bisa dilakukan sebelum diputus oleh hakim pengadilan tinggi.

Sebelumnya, istri Ahok, Veronica Tan mencabut permohonan banding suaminya. Ia menegaskan alasan pencabutan itu untuk kepentingan semua pihak.

“Karena untuk kepentingan semua, kepentingan bersama. Dalam arti, kita tidak akan memperpanjang lagi. Kita akan menjalankan apa yang diputuskan saja,” katanya dalam konferensi pers beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan itu juga, Veronica membacakan surat dari Ahok serta menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pendukung termasuk para relawan.

“Saya mau berterima kasih kepada Saudara-saudara yang terus mendukung saya dalam doa, kiriman bunga, makanan, kartu ucapan, surat, buku-buku, bahkan dengan berkumpul menyalakan lilin,” kata Veronica membaca surat Ahok.

Keputusan pihak Kejaksaan ini mengkonfirmasi pernyataan Jaksa Agung HM Prasetyo pada Rabu 7 Juni 2017. Prasetyo saat itu mengatakan sedang mempertimbangkan menccabut banding atas putusan Ahok. Alasan kuatnya adalah karena Ahok telah menerima vonis majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

“Toh Ahok sudah menerima putusan. Jadi kami lebih baik fokus ke perkara lain yang lebih penting,” katanya di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi. (Mlk)

article bottom ad