Home Afrika Jokowi Kaget Indomie Jadi Makanan Favorit di Nigeria

Jokowi Kaget Indomie Jadi Makanan Favorit di Nigeria

SHARE
article top ad

Jakarta, Mediabhayangkara.co.id – Indomie merupakan salah satu jenis makanan yang digemari dan populer di masyarakat Indonesia. Di setiap warung kopi kita pasti melihat masyarakat menyantap Indomie.

Namun tidak hanya di Indonesia, produk PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) ini rupanya populer di luar negeri seperti di Eropa, Asia, Amerika, dan Afrika.

article inline ad

Hingga saat ini, Indomie hadir di 100 negara, dari jumlah itu, 80 negara di antaranya merupakan tujuan ekspor dari Indonesia. Dan salah satu negara yang masyarakatnya sangat menggemari Indomie adalah Nigeria.

Saat ini, Indomie sangat populer di Nigeria. Bahkan, Indomie dijadikan salah satu makanan pokok di negara yang terletak di barat Afrika ini.

Direktur Indofood, Franciscus Welirang mengatakan, perjalanan awal Indomie di Afrika berasal dari Nigeria. Sejak tahun 1988 Indomie telah masuk dan dipasarkan di negara itu.

Indomie, tuturnya, juga menjadi mi instan paling pertama yang ada di Nigeria. “Mulanya hadirnya kan di sana (Nigeria), Sehingga jadi pionir,” ujar Welirang.

Pasar mi instan Indomie di Nigeria juga sangat dominan. Perseroan mencatat pangsa pasar Indomie di Nigeria mencapai 70 persen.

Terdapat empat varian rasa yang dipasarkan di Nigeria, diantaranya, Chicken Flavour (Rasa Ayam), Onion Chicken Flavour (Rasa Ayam Bawang), Pepper Chicken Flavour (Rasa Ayam Lada), dan Oriental Fried Noodles (Mi Goreng Oriental)

Saat ini juga, di Nigeria ada 16 produsen mie instan. Namun, Indomie tetap dipandang sebagai merek yang mendominasi.

Di Nigeria, Indomie diproduksi oleh Dufil, yang memiliki setidaknya tiga pabrik yang memproduksi mie dengan menggunakan mesin mutakhir.

Adapaun Presiden Joko Widodo dilaporkan terkejut saat mengetahu makanan produk Indonesia ini populer di benua Afrika. Hal itu terungkap saat Menteri Luar Negeri Retno Marsudi berkunjung ke Istana Kepresidenan. Retno melapor soal hasil kunjungannya ke Nigeria. Dan, salah satunya, perihal mi instan Indomie.

“Ada Indomie di Nigeria, tapi kemasannya besar sekali. Tiga kalinya porsi kita,” ujar Retno melapor ke Jokowi, Kamis, 8 Juni 2016.

Retno mengklaim Jokowi sampai kaget ketika Indomie itu ditunjukkan kepadanya. “Besar sekali ini,” kata Retno menirukan kekagetan Presiden Jokowi saat ditunjukkan bungkus Indomie rasa ayam bawang itu. (Mlk)

article bottom ad