Home Asia Qatar Airways Jamin Pindahkan Jamaah Umrah Indonesia ke Maskapai Lain

Qatar Airways Jamin Pindahkan Jamaah Umrah Indonesia ke Maskapai Lain

SHARE
article top ad

Jakarta, Mediabhayangkara.co.id – Maskapai Qatar Airways memberikan jaminan kepada Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) akan memindahkan calon penumpang asal Indonesia yang hendak terbang ke Jeddah ke maskapai lain.

Hal tersebut dilakukan agar ibadah umrah yang akan dilakukan calon penumpang tidak terganggu, pasca kebijakan beberapa negara Timur Tengah melarang Qatar Airways masuk ke negaranya.

article inline ad

Ketua DPD Asita Sulawesi Selatan Didi Leonardo Manaba, mengatakan penumpang asal Indonesia ke Jeddah tidak akan ditelantarkan setelah adanya garansi maskapai yang bersangkutan.

“Tentu pihak maskapai dan travel akan mencari solusi terbaik untuk memulangkan jemaah yang telanjur berada di Arab Saudi. Kami dengar pihak maskapai sudah berkomitmen untuk menyelesaikan masalah ini,” kata Didi, dikutip dari Antara, Kamis 8 Juni 2017.

Qatar Airways menurutnya juga memberikan opsi pengembalian uang tiket secara penuh, jika ada penumpang asal Indonesia yang tidak bersedia penerbangannya ke Jeddah maupun kota-kota lain di negara yang memboikot Qatar dipindahkan ke maskapai lain.

“Jemaah juga dapat mengambil uangnya kembali jika tidak bersedia,” katanya.

Sebelumnya, Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik mereka dengan Qatar karena menuding negara tersebut mendukung dana kelompok teroris.

Arab Saudi membatalkan seluruh lisensi Qatar Airways. Selain itu, kantor berita pemerintah SPA menyebutkan Saudi juga menutup seluruh kantor maskapai asal Qatar di kawasannya.

Di sisi lain, Qatar telah meminta pemerintah Kuwait memimpin mediasi setelah negara-negara di Timur Tengah dan Afrika mengucilkan negara kaya minyak tersebut pada Senin.

Pencabutan lisensi Qatar Airways efektif berlaku sejak Selasa 6 Juni 2017 itu berimbas pada penundaan dan pembatalan penerbangan di berbagai bandara di kawasan.

Mengutip Independent, lebih dari 30 penerbangan dari Doha menuju Riyadh dibatalkan, begitu juga dengan 27 penerbangan dari Dubai ke Doha. Di sisi lain, Qatar Airways, juga menghentikan semua penerbangan ke tiga negara Teluk dan Mesir hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Selain perjalanan udara, negara-negara Teluk juga memutus akses perbatasan darat ddan laut, yang menyebabkan Qatar terancam kekurangan makanan dan pasokan lainnya. (Mlk)

article bottom ad