Home General Bentuk Unit Kerja Pemantapan Ideologi Pancasila, Presiden Rekrut Tokoh Masyarakat dan Agama

Bentuk Unit Kerja Pemantapan Ideologi Pancasila, Presiden Rekrut Tokoh Masyarakat dan Agama

SHARE
article top ad

Jakarta, Mediabhayangkara.co.id – Presiden Jokowi sendiri mengumumkan peluncuran tim yang diberi nama Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP) itu. Jokowi terlebih dahulu menerbitkan peraturan presiden (Perpres No. 54/2017) untuk mengatur keberadaan unit kerja tersebut.

Disebutkan, UKP PIP akan berisi berbagai tokoh masyarakat dan agama sebagai dewan pengarah, yang berjumlah sekitar 9 orang. “Nanti kelembagaannya terdiri atas Dewan Pengarah dan Eksekutif. Dewan Pengarah komponennya ada tiga, yakni ada negara, ada tokoh masyarakat, ada tokoh agama. Kira-kira ada sembilan orang,” kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri Jakarta, Kamis, 1 Juni 2017.

article inline ad

Lembaga baru itu ditugaskan untuk memperkuat pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari yang terintegrasi dengan program pembangunan, termasuk pengentasan kemiskinan, pemerataan kesejahteraan, dan berbagai program lainnya.

“Dalam waktu dekat Pak Presiden akan menerbitkan keppres untuk menentukan siapa saja Dewan Pengarahnya dan kepala eksekutifnya,” kata Pratikno sembari menambahkan akan ada sejumlah deputi untuk membantu kerja UKP PIP. “Lembaganya juga belum dibentuk, tetapi mandatnya jelas, mandatnya meningkatkan pemahaman, penghayatan, pengalaman Pancasila (P4), nanti detailnya kita lihat di perpres,” ujarnya.

Unit Kerja itu, menurut Pratikno, akan menyesuaikan dengan situasi perkembangan teknologi dan model pendidikan. Artinya, akan ada inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran Pancasila melalui UKP PIP. “Saya yakin juga banyak inovasi yang akan dikembangkan lembaga ini. Tunggu dulu terbentuk mereka akan merumuskan program lebih detail,” ungkapnya.

Rincian Perpres tersebut sebagai berikut; Pasal 3 Perpres No. 54/2017 menyatakan UKP-PIP mempunyai tugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan umum pembinaan ideologi Pancasila dan melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Dalam Pasal 5 menyatakan bahwa susunan organisasi UKP-PIP terdiri atas: a. Pengarah terdiri atas unsur: 1. tokoh kenegaraan; 2. tokoh agama dan masyarakat; dan 3. tokoh purnawirawan Tentara Nasional Indonesia/Kepolisian Negara Republik Indonesia, pensiunan Pegawai Negeri Sipil dan akademisi.

Bagian b. Pelaksana terdiri atas: 1. Kepala; 2. Deputi Bidang Pengkajian dan Materi; 3. Deputi Bidang Advokasi; dan 4. Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi. Mereka akan bertugas menyiapkan program Unit Kerja Presiden Pemantapan Idiologi Pancasila. (Mlk)

article bottom ad