Home Nusantara Meriahnya Perayaan Peh Cun di Vihara Boen San Bio Tangerang

Meriahnya Perayaan Peh Cun di Vihara Boen San Bio Tangerang

SHARE
article top ad

Tangerang, Medibhayangkara.co.id – Warga Tangerang merayakan hari Peh Cun atau Bacang di Vihara Boen San Bio. Dalam tradisi masyarakat Tionghoa, Peh Cun termasuk salah satu dari tiga Hari Besar selain hari raya Imlek dan Tiong Jiu.

Menurut penanggalan Imlek, Hari Raya Peh Cun ini jatuh pada tanggal 5 bulan ke 5 kalender Lunar.

article inline ad

Tahun ini, warga Tangerang merayakan hari raya Peh Cun dengan memandikan perahu naga, mengadakan perlombaan mendayung di sungai Cisadane dan mandi di sana tengah malam. Ritual yang lazim dilakukan tiap tahunnya.

Warga selalu menyambut Peh Cun dengan gembira. Sebelum memandikan Perahu Naga, lima Locu/pendoa memimpin doa diikuti Ketua Yayasan Vihara Nimmala Anton Widjaya memandikan sepasang Perahu Naga Hijau dan Kuning. Setelahnya Anton membagikan air Peh cun, handuk dan sapu tangan yang dipakai membersihkan perahu naga. Ini lah moment yang di tunggu warga.

Selain itu terdapat pula tradisi makan bacang yang terbuat dari beras di bungkus daun bambu dan diisi daging dan sayuran.

Sejarah perahu Naga Hijau dan Kuning di Vihara Boen San Bio diceritakan oleh salah satu pembina, Lim Kiat Beng. Pria yang biasa disapa Kode itu menceritakan sekitar 100 tahun lalu seorang tuan tanah yang sangat kaya Oey Giok Koen, melintas melewati Boen San Bio. Ia bersama istrinya yang sedang hamil besar melintas menggunakan kereta kuda. Malangnya, roda kereta patah tidak jauh dari Boen San Bio. Sambil memperbaiki kereta tersebut Oey Giok Koen berdoa dan bernazar di kelenteng itu.

Saat itu ia bernazar, apabila istrinya melahirkan anak laki-laki dengan selamat, ia akan memberikan sepasang Perahu Naga. Dan ketika istri Oey Giok Koen melahirkan seorang anak laki-laki, ia menepati janjinya kembali ke kelenteng tersebut dan memberikan sepasang Perahu Naga yang ada sampai sekarang.

Peh Cun yang diadakan tahun ini cukup meriah. Anak kecil, orang dewasa hingga manula hadir untuk mengambil air Peh Cun yang dipercaya membawa berkah. (Yuliyu)

article bottom ad