Home Nusantara Baznas Tangsel Sosialisasi Juklak Pengelolaan Zakat Fitrah Ramadhan

Baznas Tangsel Sosialisasi Juklak Pengelolaan Zakat Fitrah Ramadhan

SHARE
article top ad

Tangerang Selatan, Mediabayangkara.co.id – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tangerang Selatan menggelar sosialisasi petunjuk pelaksana (juklak) Pembentukan UPZ dan Pengelolaan Zakat Fitrah Bulan Ramadhan 1438 H  yang dibuka oleh Sekretaris Camat Serpong H.M Supriyadi di aula Kantor Kecamatan Serpong, Rabu, 24 Mei 2017.

Sosialisasi dilakukan dari tanggal 22 – 25 Mei 2017 dengan tujuan mendongkrak potensi zakat, infak dan sedekah terutama menjelang bulan suci Ramadhan.

article inline ad

Berdasarkan Keputusan Baznas Kota Tangsel No 2 Tahun 2017 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembentukan Unit Pengumpulan Zakat Mesjid Baznas Kota Tangsel, pembentukan Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) merupakan satuan organisasi yang dibentuk oleh Baznas Kota Tangsel untuk membantu mengumpulkan zakat.

Baznas Tangsel membentuk UPZ di mesjid – mesjid dengan proses standar, sederhana dan efisien. Baznas berharap pengelolaan zakat melalui UPZ dapat berjalan efektif dan efisien.

Pembentukan UPZ Mesjid juga dilakukan setelah mendengar usulan mesjid melalui pengajuan surat tertulis.

Dalam sosialisasi itu, pihak Baznas juga menjelaskan juklak pengumpulan dan pendistribusian zakat fitrah Ramadhan 1438 H di Tangsel.

Tata cara pengumpulan zakat hanya dapat dilakukan oleh UPZ Baznas Tangsel dengan langkah-langkah sebagai berikut: wajib membuat target dalam pengumpulan zakat sesuai wilayah kerja; tetap menggunakan kuitansi yang ditetapkan Baznas Tangsel dan ditanda tangani oleh petugas UPZ dan pembayar zakat; membuat dan menyampaikan laporan, melakukan monitoring dalam hal pengumpulan zakat.(Lingga)

article bottom ad