Home Siswa Maju Tidak Suatu Negara Bergantung pada Kualitas Pendidikan

Maju Tidak Suatu Negara Bergantung pada Kualitas Pendidikan

SHARE
article top ad

Jakarta, Mediabhayangkara.co.id – Ketua MPR Zulkifli Hasan menegaskan bahwa maju mundurnya suatu negara sangat ditentukan oleh kualitas pendidikan dan sumber daya manusianya.

“Syarat menjadi negara maju adalah kualitas sumber daya manusianya yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Ujungnya kita bicara tentang kualitas pendidikan,” ujarnya.

article inline ad

Hal ini disampaikan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan di hadapan Rektor, Dosen dan ratusan mahasiswa Universitas Negeri Jakarta dalam Seminar Nasional bertema ‘Membangun Identitas Bangsa Melalui Pendidikan & Riset’ di aula Gedung Dewi Sartika UNJ, Selasa 23 Mei 2017.

Zulkifli Hasan menyampaikan faktanya negara kecil dan miskin sumber daya alam tapi kaya akan kualitas sumber daya manusia bisa menjadi sebuah negara yang maju dan modern.

“Sebaliknya, betapapun luasnya negara dan memiliki kekayaan sumber daya alam yang kaya tapi tidak memiliki sumber daya manusia berkualitas justru akan mundur,” ungkapnya.

“Selain ilmu dan teknologi elemen lainnya adalah trust atau kepercayaan. Seluruh elemen bangsa harus terkait dan saling percaya,” lanjutnya

Dalam kesempatan tersebut, Zulkifli Hasan juga menyampaikan soal arti penting Pancasila bagi rakyat Indonesia.

“Masalah bangsa kita bukan Pancasilanya dan pemahamannya tapi ditataran implementasinya yang masih sangat kurang. Impelentasikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat maka selesailah permasalahan bangsa ini,” katanya.

Rektor UNJ Prof. Djaali dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kepedulian Ketua MPR dalam membangun budaya pendidikan berbasis riset

“Pak Zul ini saya tahu betul komitmennya luar biasa pada pendidikan dan riset. Saya ucapkan terima kasih atas dukungan beliau pada UNJ dan kualitas pendidikan yang lebih baik,” tandasnya. (Mlk)

article bottom ad