Home General Presiden Lantik 5 Gubernur Baru Hasil Pilkada 2017

Presiden Lantik 5 Gubernur Baru Hasil Pilkada 2017

SHARE
article top ad

Jakarta, Mediabhayangkara.co.id – Presiden Joko Widodo melantik lima gubernur/wagub terpilih hasil Pilkada Serentak 2017. Jokowi juga melantik Wagub Riau Wan Thamrin Hasyim, yang dipilih lewat voting di DPRD, untuk mengisi sisa jabatan 2014-2019.

Acara pelantikan dilakukan di Istana Negara, dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menko Polhukam Wiranto, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo

article inline ad

Turut hadir presiden ke-3 BJ Habibie dan presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR Setya Novanto, serta Ketua DPD Oesman Sapta.

Prosesi pelantikan ini diawali dengan kirab dimana kepala daerah yang akan dilantik berjalan dari Istana Merdeka ke Istana Negara.

Kelima kepala daerah yang dilantik selain Riua adalah Banten, Gorontalo, Sulawesi Barat, Bangka Belitung, dan Papua Barat.

Sebelumnya pada Kamis, 11 Mei 2017, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan Presiden akan melantik gubernur dan wakil gubernur hasil pilkada serentak melalui 3 tahapan waktu.

Pelantikan, jelasnya, akan disesuaikan dengan habisnya masa jabatan gubernur sebelumnya.

“Bulan Mei ini presiden akan melantik gubernur dan wakil gubernur di Provinsi Banten, Bangka Belitung, Riau, Sulawesi Barat, Papua Barat dan Gorontalo,” ujar Tjahjo dalam keterangan tertulis.

Sementara pada awal bulan Juli, Jokowi akan melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Aceh. “Sementara pelantikan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta akan dilaksanakan pada bulan Oktober,” sebutnya.

Adapun untuk pelantikan Bupati dan Wali Kota di ibukota provinsi, akan dilakukan oleh gubernur di wilayahnya masing-masing, pada tanggal 22 Mei 2017.

Berikut nama-nama yang dilantik oleh Jokowi hari ini:

1. Wahidin Halim-Andika Hazrumy (Banten)
2. Rusli Habibie-Idris Rahim (Gorontalo)
3. Ali Baal Masdar-Enny Anggraeni Anwar (Sulawesi Barat)
4. Erzaldi Rosman Djohan-Abdul Fatah (Bangka Belitung)
5. Dominggus Mandacan-Mohamad Lakotani (Papua Barat)
6. Wan Thamrin Hasyim (Wakil Gubernur Riau) (Hend)

article bottom ad