Home Nusantara Teken Nota Jual Beli Tanah, Camat Pinang Kota Tangerang Dilaporkan Ke Polisi

Teken Nota Jual Beli Tanah, Camat Pinang Kota Tangerang Dilaporkan Ke Polisi

SHARE
article top ad

Tangerang, Mediabhayangkara.co.id – Camat Pinang Kota Tangerang Maryono yang juga Pejabat Pembuat Akta Tanah Sementara (PPATKS) dilaporkan ke Polres Metropolitan Tangerang Kota.

Oleh pelapor Arjuna Ginting, warga Curug Kabupaten Tangerang, Maryono dituding memberikan keterangan palsu ke dalam akta otentik. Arjuna merasa dirugikan atas terbitnya akta jual beli tanah seluas 2.143 di Kelurahan Kunciran, Kecamatan Pinang yang diteken oleh Maryono. “Saya menduga kuat ada permainan mafia tanah yang melibatkan para terlapor,” kata Arjuna.

article inline ad

Menurutnya, tanah itu dalam sengketa karena status hukumnya belum berkekuatan hukum tetap (inkracht) dari Pengadilan Negeri Tangerang. Penandatanganan akta diduga hasil persekongkolan berbagai pihak, sebab tanah itu dalam sengketa dan berstatus quo. Selain Maryono, Arjuna juga melaporkan Lurah Kunciran Rojali, pemilik tanah, Nasim dan pembeli tanah Hia Tjau Jek Chandra.

Arjuna merasa berkepentingan melaporkan kasus ini, sebab dia adalah pengacara Nasim. “Nasim menipu saya dengan menunjuk pengacara lain bernama Malkan Frans Bouw.” Belakangan, kata Arjuna, Malkan pun menggugat Nasim dan ahli waris lain karena Nasim telah bertindak di luar sepengetahuannya menjual tanah sengketa itu.

Camat Pinang, Maryono, saat dimintai keterangan mengaku belum mengetahui telah dilaporkan ke polisi. Namun dia mengakui telah menandatangai akta jual beli tanah.

Dalam akta bernomor 403 2017 itu disebutkan Hia Tjau Jek Chandra sebagai kuasa jual dari Nasim bin Naim sebagai pihak pertama menjual tanah kepada pihak kedua Hau Tjau Jek Chandra. “Menurut saya tanah itu tidak dalam sengketa karena telah ada putusan Pengadilan,” kata Maryono.

Adapun Lurah Kunciran Rojali belum bersedia memberi keterangan saat dikonfirmasi. Sekretaris Lurah Yoyo hanya membenarkan adanya akta jual beli itu. Yoyo tercatat sebagai saksi II dalam dalam akta. (Mlk)

article bottom ad