Home Nusantara Acara Festival Bango di Tangerang Tampilkan Kekayaan Kuliner Nusantara

Acara Festival Bango di Tangerang Tampilkan Kekayaan Kuliner Nusantara

SHARE
article top ad

Tangerang, Mediabhayangkara.co.id – Untuk pertama kalinya, Festival Jajanan Bango 2017 digelar di Hall 1 Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Kabupaten Tangerang. Kegiatan dilaksanakan pada Sabtu 6 Mei 2017.

Sebelum pembukaan, Direktur Foods PT Unilever Indonesia Tbk Hernie Raharja menjelaskan misi perusahaan kecap Bango di tanah air. “Misi Bango untuk melestarikan warisan kuliner Nusantara, terinspirasi dari fakta bahwa negara kita memiliki keragaman kuliner otentik yang sangat kaya,” ujarnya.

article inline ad

Menurutnya, dari ujung Barat sampai Timur Nusantara, terdapat begitu banyak jenis kuliner otentik yang merepresentasikan kekayaan hasil alam dan kebudayaan Indonesia, baik dari segi bahan, pengolahan sampai penyajian.

Harnie menambahkan bahwa, Kecap Bango produksi PT Unilever Indonesla Tbk, selalu berkomitmen menjalankan misi sosial untuk melestarikan warisan kuliner Nusantara.

Festival kali ini menghadirkan puluhan kuliner otentik dari Nusantara. “Selama dua hari para pecinta kuliner akan dimanjakan dengan aneka ragam kelezatan
kuliner dari Nusantara, sambil menambah pengetahuan dan wawasan mereka mengenai kuliner Nusantara,” ujar Hernie.

Bupati Kabupaten Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, dalam sambutannya mengatakan sangat mendukung pelaksanaan FJB 2017 sebagai salah satu upaya positif menggalakkan kecintaan dan kebanggaan masyarakat Tangerang dan sekitarnya terhadap warisan kuliner Nusantara.

“Berikan kepuasan sekaligus perkenalkan kekayaan Indonesia terutama kuliner kita kepada warga kita sendiri bahkan ke luar negeri, “katanya.

“Semoga kegiatan ini dapat berkelanjutan setiap tahun. Dan saya merasa dua hari sepertinya kurang lama karena ini menunjukkan betapa kayanya aneka ragam makanan khas Indonesia.”

Sementara Kepala Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Triawan Munat, menyampaikan FJB 2017 memiliki peranan penting dalam menginspirasi generasi muda memulai usaha di bidang kuliner otentik Indonesia sebagai ekonomi kreatif, sehingga eksistensi warisan kuliner Nusantara dapat terus terjaga dan dinikmati oleh generasi mendatang.

“Kuliner kita merupakan raja di negeri sendiri dan merupakan terbesar dalam membuka peluang kerja bagi masyarakat. Perkenalkan kekayaan khasanah kuliner Indonesia di dalam negeri bahkan ke luar negeri,” tuturnya.

Pembukaan acara ditandai dengan pemukulan beduk oleh Direktur Foods PT Unilever Indonesia Tbk Hernie Raharja, Ahmed Zaki Iskandar, Bupati Kabupaten Tangerang dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Triawan Munat, yang dilakukan secara bersamaan.

Acara akan digelar selama dua hari. (Lingga)

article bottom ad