Home Siswa Hari Pendidikan Nasional, BEM SI Unjuk Rasa di Kemendikbud

Hari Pendidikan Nasional, BEM SI Unjuk Rasa di Kemendikbud

SHARE
article top ad

Jakarta, Mediabhayangkara.co.id – Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menggelar unjuk rasa di depan gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, pada Hari Pendidikan Nasional, Selasa, 2 Mei 2017.

Dalam aksinya kali ini, sekitar 300-500 mahasiswa dari berbagai universitas yang bergabung di BEM SI menuntut pemerataan pendidikan.

article inline ad

“Hasil konsolidasi terakhir, kami ingin menyerukan pemerataan pendidikan karena masih ada kesenjangan di berbagai daerah, misalnya bangunan sekolah,” tutur koordinator BEM SI Wilayah Jabodetabek-Banten, Ihsan Munawar, 21 tahun.

Selain gedung sekolah, hal lain yang akan disampaikan adalah kesejahteraan dan sertifikasi guru yang dianggap belum terpenuhi di seluruh Indonesia.

Mahasiswa juga menolak komersialisasi pendidikan tingkat dasar, menengah, dan atas dengan masih adanya uang sekolah yang mahal di daerah tertentu. “Pendidikan dasar, tengah, dan atas pembayarannya di daerah itu masih ada pungutan atau tidak, sudahkah diawasi dan dimonitor agar benar-benar tanpa pungutan biaya,” ujar Ihsan.

Ihsan mengatakan mahasiswa tidak akan melakukan long march, tapi menyerahkan kajian tentang pendidikan yang disusun BEM SI.

Sebelumnya, BEM SI bergabung dalam unjuk rasa Hari Buruh untuk menunjukkan dukungannya kepada buruh yang melawan kebijakan tidak pro-buruh.

“Pada 1 Mei ada perwakilan masing-masing kampus, mungkin ada 50 orang. Sedangkan pada 2 Mei akan kami maksimalkan kawan-kawan mahasiswa keseluruhan 300-500 mahasiswa,” kata Ihsan.

Ihsan menegaskan mahasiswa akan selalu hadir untuk memperjuangkan keadilan dan kesejahteraan, termasuk doal pendidikan. (Mlk)

article bottom ad