Home General Kapolri Lantik 6 Kapolda Baru, Boy Rafli Resmi Jadi Kapolda Papua

Kapolri Lantik 6 Kapolda Baru, Boy Rafli Resmi Jadi Kapolda Papua

SHARE
article top ad

Jakarta, Mediabhayangkara.co.id – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian resmi melantik enam Kapolda baru. “Saya akan setia pada UUD 1945 dan NKRI. Bahwa saya akan menaaati seluruh peraturan dan UU dengan penuh pengabdian. Menjunjung tinggi kehormatan negara, pemerintah, dan Polri,” ujar Tito Karnavian saat memimpin pembacaan sumpah di Rupatama Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat 28 April 2017.

Salah satu yang dilantik menjadi Kapolda adalah Irjen Boy Rafli Amar yang sebelumnya menjabat Kadiv Humas Polri.

article inline ad

Kepala Divisi Humas Polri akan diisi oleh Irjen Setyo Wasisto. Setyo menggantikan Irjen Boy Rafli Amar yang dilantik menjadi Kapolda Papua. Sebelumnya, Setyo merupakan Wakil Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri.

Adapun Irjen Paulus Waterpau yang sebelumnya menjabat Kapolda Papua dilantik menjadi Wakil Kepala Badan Intelkam Polri.

Mutasi tersebut berdasarkan surat telegram rahasia Kapolri Nomor ST/1034/IV/2017 yang terbit pada 18 April 2017.

Selain nama-nama di atas, Tito juga melantik beberapa perwira tinggi Polri menjadi Kapolda, antara lain Brigjen Pol Coki Manurung sebagai Kapolda Bengkulu. Coki menggantikan Brigjen Pol Yovianes Mahar yang dilantik menjadi staf ahli dan manajemen Kapolri.

Kemudian, Irjen Deden Juhara dilantik menjadi Kapolda Maluku. Ia menggantikan Brigjen Pol Ilham Salahudin yang dimutasi sebagai widyaiswara utama Sespim Lemdiklat Polri.

Brigjen Pol Priyo Widyanto dilantik sebagai Kapolda Jambi menggantikan Brigjen Pol Yazid Fanani. Yazid kini menjabat perwira tinggi Badan Intelijen Keamanan Polri yang ditugaskan pada Badan Intelijen Negara.

Selanjutnya, Brigjen Pol Erwin Triwanto yang sebelumnya merupakan Kapolda Kalimantan Selatan, dilantik menjadi Kapolda Kalimantan Barat.

Ia menggantikan Irjen Musyafak yang dilantik menjadi Wakil Kepala Lemdiklat Polri. Jabatan Kapolda Kalsel akan diisi Brigjen Rachmat Mulyana.

“Selamat bertugas di tempat baru bagi yang mengemban amanah ini,” ujar Tito di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Jumat 28 April 2017.

Selain pelantikan, digelar pula serah terima jabatan antara pejabat lama dan baru. Setelah itu, Kapolri membimbing pejabat yang baru dilantik untuk mengucapkan sumpah jabatan. (Mlk)

article bottom ad