Home Nusantara Gempa Bumi Guncang Tasikmalaya, Puluhan Rumah dan 3 Masjid Rusak

Gempa Bumi Guncang Tasikmalaya, Puluhan Rumah dan 3 Masjid Rusak

SHARE
article top ad

Tasikmalaya, Mediabhayangkara.co.id – Gempa bumi 5,4 Skala Richter mengguncang Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin, 24April 2017. Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya mencatat sebanyak 43 rumah dan tiga masjid mengalami kerusakan.

“Yang terdata dan telah diverifikasi, 43 rumah ditambah tiga sarana ibadah mengalami kerusakan. Kerusakan ringan, sedang dan berat,” kata Kepala Pelaksana BPBD Tasikmalaya, EZ Alfian, Selasa.

article inline ad

Jumlah rumah yang rusak berat sebanyak 4 rumah. Rumah tersebut, kata dia, tidak memungkinkan untuk kembali dihuni. “Sarana ibadah yang rusak di Taraju, di sini (sawalu),” kata Alfian.

Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, pihaknya belum berencana merelokasi warga yang bertempat tinggal di daerah terdampak gempa bumi. Pemkab akan bekerjasama dengan Badan Geologi untuk melihat kondisi kerusakan.

“Penanganan pertama melihat kondisi tanah yang didiami masyarakat di saat ada bencana, apakah layak dibangun kembali atau tidak. Jika tak layak dibangun harus direlokasi. Yang ini kami belum tahu apakah layak dibangun atau tidak,” jelas dia.

Jika layak dibangun lagi, menurut Uu, pemerintah akan memberi bantuan kepada korban gempa. Bantuan tersebut berupa uang Rp 20 juta.

“Bantuan dari kami tidak akan cukup untuk membangun rumah. Paling tidak membantu, kami beri Rp 20 juta. Bantuan bencana tahun lalu Rp 20 juta, untuk sekarang jumlahnya bisa bertambah atau tetap. Bantuan tergantung kerusakan dan keadaan (keuangan) kami,” katanya.

Uu berharap, masyarakat tidak membangun rumah di tempat berbahaya, misalnya di daerah rawan longsor. Saat membangun rumah, kata dia, diharapkan berkoordinasi terlebih dahulu dengan pemerintah desa.

Menurut Uu, rumah-rumah panggung yang berada di Salawu relatif aman dari gempa bumi. Pemkab akan memikirkan untuk menginstruksikan agar di daerah rawan bencana warganya membuat rumah panggung, bukan permanen.

“(Rumah-rumah) Kampung Naga aman. Rumah-rumah panggung aman. Tapi masyarakat sekarang tetap membangun secara permanen,” ujar Uu, mengenai dampak gempa Tasikmalaya lalu.

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menginformasikan gempa bumi berkekuatan 5,4 skala Richter, berpusat di Kabupaten Tasikmalaya, Senin, 24 April 2017, dirasakan hampirdi seluruh Jawa Barat.

Berdasarkan laporan dari Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, gempa terjadi pukul 01.01.10 WIB berlokasi di 8.10 derajat Lintang Selatan, 107.86 derajat Bujur Timur (58 km barat daya Kabupaten Tasikmalaya pada kedalaman 13 km).

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung Tony Wijaya mengatakan, karena gempa berkekuatan sedang dan pusat gempa di kedalaman 63 km, getaran gempa menyebar luas di wilayah Jawa Barat, seperti Sumedang, Bajar, Pangandaran, dan Kabupaten Bandung namun tidak berdampak merusak.

Berikut data sementara daerah yang terdampak gempa bumi dilansir dari laman resmi BPBD Tasikmalaya.

Lokasi terdampak:

1. Kecamatan Salawu: Rumah terdampak 20 unit, satu masjid
Desa Neglasari, Kampung Pondokwaru, Dusun Naga, RT/W 004/002
Desa Neglasari, Kampung Pawitan, RT/RW 03/01
Desa Sundawenang, Kampung Cikembang, RT/RW 027/07

2. Kecamatan Cigalontang : Rumah terdampak 15 unit, satu saluran irigasi
Desa Puspamukti, Kampung Ngenol, RT/RW 02/09
Desa Puspamukti, Kampung Kiarabongkok, RT/RW 19/08
Desa Nangtang, Kampung Nangkabongkok, RT/RW 04/02
Desa Cigalontang, Kampung Babakan Ewong
Desa Pusparaja, Kampung Maleer, RT/RW 11/03 dan 01/01

3. Kecamatan Sukaratu: Rumah terdampak tiga unit
Desa Gunungsari

4. Kecamatan Sukaresik: Rumah terdampak satu unit
Desa Tanjungsari, Kampung Cicalung, RT/RW 02/04

5. Kecamatan Jatiwaras: Rumah terdampak satu unit
Desa Jatiwaras, Kampung Cisarewu, RT/RW 05/02

6. Kecamatan Taraju: Terdampak satu masjid, satu madrasah
Desa Reksasari, Kampung Sukamulya, RT/RW 011/03

7. Kecamatan Cipatujah: Terdampak rumah empat unit
Desa Padawaras, Kampung Padawaras, RT 02/RW 04
Desa Sindangkerta, Kampung Cisaat, RT 03/RW 01
Desa Bantarkalong, RT 014/RW 05
Desa Bantarkalong, RT 004/RW 001

8. Kecamatan Karangnunggal: Terdampak rumah satu unit
Desa Cikapinis, Kampung Gandamekar, RT/RW 09/01. (Mlk)

article bottom ad