Home Nusantara SMA di Tangerang Selatan Ini Komit Jalankan Program Beasiswa

SMA di Tangerang Selatan Ini Komit Jalankan Program Beasiswa

SHARE
article top ad

Tangerang Selatan, Mediabhayangkara.co.id – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 yang berada di Jalan Puri Bintaro Hijau Blok F IV No.1, Pondok Aren, Ciledug, Parung Serab, Ciledug, Kota Tangerang Selatan, melaksanakan program beasiswa untuk siswa sesuai kategori yang ditetapkan pemerintah pusat.

Wakil Kepala Sekolah SMAN 5 Tangsel, Yanto, pada Kamis 20 April 2017, menuturkan program beasiswa merupakan salah satu program yang terus dipertahankan dan dijalankan sekolah ini. “Alhamdulillah, pihak sekolah komitmen dengan program ini, dan melaksanakan program beasiswa sejak digulirkan di tahun 2015,” ujarnya.

article inline ad

Terdapat dua program beasiswa yaitu dari pemerintah pusat dan pemerintah propinsi. Siswa yang berhak menerima beasiswa dibagi tiga katagori, yaitu siswa pemegang Kartu Indonesia Pinter (KIP), tidak mampu secara ekonomi dan yatim piatu. “Dari 90 siswa yang kita ajukan sesuai data yang kami miliki, saat ini ada 63 siswa berhak dapatkan bea siswa tersebut,” ujar Yanto.

Ia menjelaskan, untuk beasiswa dari pemda propinsi, siswa yang tidak mampu dan berprestasi harus mencantumkan nilai akademis atau prestasi dibidang lain.

Sementara untuk beasiswa dari pusat, melalui dapotik (online), pihak sekolah mengajukan siswa yang punya KIP, tidak mampu dan yatim piatu. “Untuk realisasinya bukan kewenangan sekolah, kami sebatas mengajukan  nama – nama siswa untuk mendapatkan beasiswa,” katanya.

Mengenai data siswa, sekolah mengambil saat siswa baru masuk. “Untuk pemegang KIP itu otomatis, artinya memang wajib diajukan, hanya  pemegang KIP jarang.”

Yanto mengatakan, untuk sekolah SMAN 5, jumlah siswa yang menerima beasiswa relatif stabil dan sama antara tahun ini dengan tahun sebelumya.

“Harapan saya, pemerintah tetap mempertahankan program ini, yang penting jangan salah sasaran, dalam artian siswa itu tidak membutuhkan tapi mendapat beasiswa. Insya Allah, SMAN 5 Tangsel menjalankan sesuai aturan dan tepat sasaran  saat mendata kondisi ekonomi orang tua siswa.” Ungkap Yanto. (Lingga)

article bottom ad