Home Liputan Utama Hasil Hitung Cepat Anies-Sandi Menang, KPU dan Prabowo Ingatkan Hal Ini

Hasil Hitung Cepat Anies-Sandi Menang, KPU dan Prabowo Ingatkan Hal Ini

SHARE
article top ad

Jakarta, Mediabhayangkara.co.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum RI (KPU) Arief Budiman mengingatkan bahwa hasil perolehan suara melalui hitung cepat atau quick count tidak disikapi berlebihan.

Quick count tuturnya, bukan hasil resmi oleh penyelenggara pemilihan. “Masyarakat harus paham bahwa hasil hitung cepat adalah bukan hasil resmi. Hasil resmi pemilu nanti akan ditetapkan KPU,” ujar Arief, di Gedung KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu 19 April 2017.

article inline ad

Arief menjelaskan, quick count merupakan kegiatan ilmiah yang dilakukan oleh lembaga survei. Masing-masing lembaga memiliki teknik atau metode tertentu dalam menghitung perolehan suara.

Tapi ia menekankan, agar menjadikan hasil quick count sebagai informasi, bukan patokan hasil perolehan suara.

“Boleh melihat itu, menjadikan (quick count) itu sebagai informasi boleh, tetapi bukan memahami itu sebagai hasil yang menentukan hasil yang resmi, final. Hasil resmi itu ditetapkan KPU,” kata Arief.

Ia berharap, tak ada perdebatan mengenai hasil quick count yang dirilis lembaga-lembaga survei.

Masyarakat DKI Jakarta harus menunggu pengumuman resmidari KPUD DKI Jakarta sebagai pihak yang berwenang merekapitulasi perolehan suara.

“Masyarakat harus mulai belajar. Pemilihan ini bukan yang pertama kali dilakukan bagi kita,” ujar dia.

Beradasarkan pantauan Mediabhayangkara.co.id, hingga sekitar pukul 04.40 WIB sore, hasil hitung cepat Litbang Kompas mencatat pasangan Anies-Sandi unggul sementara atas pasangan Ahok-Djarot dengan perolehan suara 58,03 persen berbanding 41,97 persen.

Sementara di tempat terpisah, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto optimistis bahwa pasangan Anies Baswedan- Sandiaga Uno yang diusung Partai Gerindra bersama Partai Keadilan Sejahtera telah memenangkan Pilkada DKI Jakarta.

“Baru saja kita dapat berita bahwa 90 persen dari quick count sudah masuk dan menunjukkan bahwa DKI Jakarta mendapat gubernur dan wakil gubernur baru,” kata Prabowo Subianto di kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu.

Menanggapi hasil hitung cepat atau quick count sejumlah lembaga survei itu, Prabowo pun mengucapkan rasa syukurnya. “Alhamdulillah,” ucap Prabowo.

Menurut Prabowo, kemenangan ini tidak lepas dari peran masyarakat Jakarta, juga sejumlah tokoh nasional yang mendukung pasangan Anies-Sandi.

“Ini kemenanganan seluruh rakyat Jakarta, kemenangan demokrasi.” ucap Prabowo.

Tidak lupa, Prabowo mewanti-wanti Anies-Sandi untuk tidak main-main dengan uang rakyat jika menjabat nantinya. Kalau sampai main-main, maka Prabowo akan memimpin demo untuk menurunkan mereka.

“Yang pertama sama sekali tidak boleh korupsi sama sekali tidak boleh hanya menguntungkan kelompoknya keluarganya harus bekerja sepenuhnya untuk rakyat. Kalau Anies Sandi ada indikasi dia korupsi ya nanti saya yang pertama akan mimpin demo turunkan mereka,” kata Prabowo.

Ia kemudian berharap, agar proses demokrasi yang sudah berjalan baik terus dijaga. (Mlk)

article bottom ad